Buka PPDB Jalur Tahfidz, MAN Bontang Terima 160 Calon Siswa

album Berita pengumuman

Bontang (Madrasah) – Madrasah Aliah Negeri Bontang  kembali membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2022-2023. PPDB tahun ini terbagi menjadi tiga tahap. Ketiga tahap tersebut adalah jalur Tahfidz (13-15 Juni), jalur Khusus (20-23 Juni) dan jalur Reguler (27 – 29 Juni).

 Sejak tanggal 13 sampai 15 Juni 2022 MAN Bontang telah membuka jalur pertama. Calon siswa mendaftar lewat link http://ppdb.manbontang.sch.id. Hingga hari ke dua ini baru 13 orang calon siswa yang sudah mendaftar, dengan target satu kelas 32 orang saja. Sedangkan jumlah keseluruhan daya tampung  kali ini 5 rombongan belajar (rombel) dengan total 160 calon peserta didik baru untuk semua jalur.

Ketua Tim Seleksi, Drs. H. Nofrizal mengungkapkan bahwa mekanisme pendaftaran dan seleksi  penerimaan hampir sama, yakni calon peserta didik mendftar secara online, setelah itu harus ikut test seleksi pada hari ke dua secara offline di ruang  kelas MAN Bontang.  Dimulai pada pukul 08.00 Wita calon siswa mulai berdatangan bersama wali muridnya. siswa yang datang langsung masuk ke dalam ruangan tes yang disediakan.

Seleksi terbagi menjadi dua macam tes. Tes pertama adalah tes keagamaan. Calon siswa dites tentang kelancaran membaca Al Qur’an dan hafalan surat-surat pendek. Hal ini menjadi faktor utama penentu lolos tidaknya calon siswa lolos pada jalur tahfidz. Tes yang kedua adalah tes kepribadian. Pada tes ini siswa diberikan beberapa pertanyaan seputar kebiasaannya sehari-hari, seperti kebiasaan salat wajib, salat sunah, jam tidur, penggunaan gadget, minat, bakat dan lain sebagainya.

Pengumuman penerimaan peserta didik baru jalur tahfidz  ini akan diumumkan pada Sabtu (18/06) lewat website resmi MAN Bontang  yaitu http://ppdb.manbontang.sch.id .

Sedangkan jalur Khusus adalah penerimaan berdasarkan  Prestasi, KIP/PKH/KKS, Luar Kota dan Anak Guru Satuan Pendidikan MAN Bontang . Mekanismenya kurang lebih sama, hanya formasi 5 % dari penerimaan keseluruhan.

Selanjutnya jalur Reguler diperuntukkan bagi putra putri lulusan SMP/MTs sederajat  yang berdomisili  (selain kategori jalur khusus) di Kota Bontang dengan melakukan mekanisme yang sama pula, yakni selain seleksi nilai pada SKHU, juga ada test keagamaan dan tes kepribadian secara offline. Berdasarkan hasil seleksi keseluruhan baru diumumkan pada tanggal 2 Juli 2022, sehingga calon peserta didik baru dapat melakukan daftar ulang, melengkapi administrasi dari tanggal 4 sampai 5 Juli 2022. (L.Roza)