MAN BONTANG

Peringati Isra’ Mi’raj 1444 H, MAN Bontang Gali Potensi Siswa

Bontang (Madrasah) – Dalam semangat menghormati bulan Rajab, Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) bersama ROHIS MAN Bontang menggelar peringatan Isra’ Mi’raj pada Rabu (21/02/2024).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bontang, H. M. Hamzah, S.Hi., M.H., memberikan tausiah tentang makna peringatan Isra’ dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW dan pentingnya menegakkan Shalat wajib 5 waktu, serta mengembalikan segala permasalahan hidup kepada Allah melalui shalat.

Kepala madrasah Sugiannoor, S.Pd.I., M.Pd, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas penampilan, lantunan Shalawat dari siswa-siswi MAN Bontang.

“Peringatan maulid kali ini dirangkai dengan dua cabang lomba utama, yakni Lomba Adzan dan Musabaqah Fahmil Quran (MFQ), ke depan kegiatan ini dapat menjadi acara lomba tahunan tingkat SLTA se Kota Bontang, seiring dengan ciri khas madrasah analog dengan SMA 1 Cup dan SMA 2 Cup di bidang olahraga” harapnya.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong siswa memperdalam pengetahuan agama Islam serta meningkatkan keterampilan dalam bidang keagamaan. Awalnya direncanakan pada awal Februari, pelaksanaannya diundur karena bertepatan dengan kegiatan Benchmarking Pendidik dan Tenaga Kependidikan MAN Bontang ke MAN 2 Kukar.

Menurut Zulfah, salah satu inisiator acara, Lomba Adzan adalah wadah bagi siswa untuk menunjukkan kemampuan dalam mengumandangkan adzan dengan baik dan benar, sementara tujuan MFQ adalah untuk menumbuhkan kecintaan pada Al-Quran dan Islam di kalangan siswa MAN Bontang.

Melalui kegiatan ini, OSIM/ROHIS MAN Bontang berharap dapat memberikan kontribusi positif dalam pembentukan karakter siswa serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya pendidikan agama di tengah-tengah masyarakat sekolah. Ajang ini juga menjadi momentum untuk memperkokoh tali silaturahmi antar siswa serta memupuk semangat persaingan yang sehat dalam bidang keagamaan.(Lr)

Berita Terkait