MAN BONTANG

Siswa dan Siswi MAN Bontang Dukung Moderasi Beragama untuk Keharmonisan

Bontang (Madrasah) Sejumlah siswa dan siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bontang aktif mengambil bagian dalam sosialisasi moderasi beragama, Senin (26/2/2024. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Kementerian Agama Republik Indonesia yang diadakan di lingkungan sekolah.

Dengan tema “Toleransi dan Keharmonisan Antar Umat Beragama (Memahami Perbedaan dan Menghargai Kebhinekaan)”, kegiatan tersebut dihadiri oleh 45 siswa dari berbagai perwakilan kelas. Ketua panitia, Rizki Amelia, S.Hum, M.Pd menuturkan bahwa tujuan dari sosialisasi moderasi beragama ini adalah untuk meningkatkan pemahaman inklusif, menghormati perbedaan, dan memupuk toleransi antar umat beragama. Hal ini diharapkan dapat mendorong kerukunan dan mengurangi potensi konflik yang timbul karena perbedaan keyakinan agama, serta menjaga keharmonisan di sekitar madrasah.

Sebelumnya, pada Kamis (22/2/2024), seluruh pegawai MAN Bontang telah mengikuti sosialisasi serupa yang diselenggarakan secara virtual, dengan narasumber dari Balai Diklat Keagamaan Banjarmasin.

Kepala MAN Bontang, Sugiannor, S.Pd.I., M.Pd., menyatakan harapannya bahwa sosialisasi ini akan meningkatkan pengetahuan dan wawasan para siswa, guru, dan pegawai tentang hakikat moderasi beragama. Sikap moderat tersebut diharapkan akan tercermin dalam perilaku sehari-hari, terutama dalam interaksi pendidik dengan lingkungan sekitarnya.

Dengan memahami nilai-nilai moderasi, para siswa dan siswi MAN Bontang dapat mengaplikasikannya sebagai dasar bertindak dalam kehidupan sehari-hari dan dalam pergaulan sosial, serta menjadi agen perubahan positif dalam membangun masyarakat yang lebih harmonis dan inklusif.(LR)

Berita Terkait