MAN BONTANG

MAN Bontang Menjadi Basis Pendidikan Lingkungan

Bontang (Madrasah) – Dalam upaya memperkuat kesadaran lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bontang menggelar program edukasi lingkungan selama dua hari pada tanggal 7-8 Mei 2024. Kali ini, MAN Bontang dipilih sebagai lokasi pelaksanaan program tersebut. Tujuan utamanya adalah untuk mengembangkan kesadaran lingkungan pada generasi muda, agar mereka dapat menjaga kelestarian lingkungan demi kelangsungan hidup kita. Kegiatan yang diadakan di ruang pertemuan ini tidak hanya diikuti oleh 40 siswa, tapi juga oleh para guru pembimbing pada MAN Bontang

Dalam sambutannya, Kepala MAN Bontang, Sugiannoor, S.PdI., M.Pd, mengajak untuk memaknai kembali konsep tanah, air, udara, dan api yang merupakan unsur-unsur penting dalam kehidupan, serta mengingatkan pentingnya menjaga dan melestarikan unsur-unsur tersebut.

Perwakilan DLH, Bapak Ridwan Rudayatmoko, S.Hut, menjelaskan bahwa program ini bertujuan untuk melatih para pendekar lingkungan. Para siswa yang mengikuti pelatihan diharapkan akan membagikan pengetahuan dan kesadaran lingkungan kepada teman-teman mereka, sehingga tercipta persepsi yang sama dalam menjaga lingkungan.

Ditekankan pula pentingnya program Adiwiyata sebagai upaya mendidik generasi muda agar peduli terhadap lingkungan. Warga sekolah diimbau untuk menjaga kebersihan, sanitasi, dan drainase, serta melakukan pengurangan timbulan sampah dan penggunaan ulang barang.

Lingkungan sekolah memiliki peran penting dalam pendidikan siswa, karena membantu mereka merasa terhubung, memiliki rasa kepemilikan, dan terlibat dalam pembelajaran. Oleh karena itu, memahami lingkungan sekolah dengan baik adalah langkah penting dalam membentuk pendidikan yang menyeluruh dan mendukung perkembangan holistik siswa. (lr)

Berita Terkait