MAN BONTANG

68 Siswa MAN Bontang Ikuti Munaqosah Hafalan Al-Qur’an

Bontang (Madrasah)- Sebanyak 68 siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bontang dari kelas Tahfidz XE dan XI E mengikuti Munaqosah pada Rabu (15/05/2024), bertempat di ruang belajar MAN Bontang. Kegiatan ini merupakan bagian dari evaluasi rutin yang bertujuan menguji kemampuan hafalan Al-Qur’an para siswa, khususnya di jalur Tahfidz.

Rizki Amelia, M.Pd, wali kelas X E sekaligus koordinator Tahfidz, mengungkapkan bahwa Munaqosah adalah pengukuran kemampuan hafalan ayat-ayat Al-Qur’an yang dilaksanakan setiap semester. Setiap ustadz dan ustadzah membimbing 15 siswa untuk memastikan mereka mencapai target hafalan yang telah ditentukan. Pelaksanaan Munaqosah ini berlangsung dari tanggal 15 hingga 18 Mei 2024, dengan target minimal 6 juz dalam tiga tahun.

Amelia menambahkan bahwa sebagian besar siswa berhasil memenuhi target, bahkan ada yang mencapai lebih dari target yang ditentukan. Untuk kelas XE, terdapat 38 siswa yang dibimbing oleh tiga ustadz dalam menguji kemampuan hafalan mereka, sedangkan kelas XI E terdiri dari 30 siswa yang dikordinir oleh Ahmad Sahid, S.Ag.

Kepala MAN Bontang, Sugiannoor, S.Pd.I., M.Pd, menyambut baik dan memberikan apresiasi atas terselenggaranya kelas Tahfidz MAN Bontang dengan baik. “Kami berharap kegiatan ini bisa terus meningkatkan semangat dan kualitas hafalan Al-Qur’an siswa-siswi MAN Bontang, sehingga mereka bisa menjadi generasi Qur’ani yang unggul,” ujar Sugiannoor.

Dengan adanya kegiatan ini, MAN Bontang terus berkomitmen untuk mencetak generasi yang tidak hanya unggul dalam bidang akademis, tetapi juga memiliki kekuatan spiritual melalui hafalan Al-Qur’an.(lr).

Berita Terkait