MAN BONTANG

MAN Bontang Menuju Zona Integritas (ZI) 2024

Bontang (Madrasah) – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bontang terus berbenah untuk menerapkan Zona Integritas (ZI) sesuai dengan SK Dirjen Pendis No. 1202 Tahun 2024 tentang Penetapan Madrasah Pilot Project Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani Tahun 2024.

Kepala Tata Usaha MAN Bontang, Salawati, S.Ag., selaku ketua tim, menyatakan bahwa untuk mencapai tujuan ini, MAN Bontang didampingi ibu Nopriyanti Harwini tim ZI dari Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Timur telah membentuk tim kerja dengan tugas dan tanggung jawab yang jelas. Hal ini disampaikan pada Selasa (21/05/2024).

Salawati menjelaskan bahwa Zona Integritas di Kementerian Agama adalah upaya menciptakan lingkungan kerja bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) serta meningkatkan kualitas pelayanan publik. Program ini merupakan bagian dari Reformasi Birokrasi yang bertujuan memperkuat pemerintahan yang bersih, efektif, efisien, dan akuntabel.

Langkah-langkah strategis yang diterapkan antara lain:

1.Manajemen Perubahan:Mengubah pola pikir dan budaya kerja melalui pelatihan dan kampanye anti-korupsi.
2.Penataan Tata Laksana: Memperbaiki prosedur dan sistem kerja untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi, termasuk penggunaan teknologi informasi.
3.Penataan Manajemen SDM: Meningkatkan kualitas SDM melalui seleksi yang transparan dan pengembangan kompetensi pegawai.
4.Penguatan Pengawasan: Memperketat pengawasan internal dan mempermudah pengaduan masyarakat terhadap praktik KKN.
5.Penguatan Akuntabilitas Kinerja: Menerapkan penilaian kinerja yang objektif dan transparan.
6.Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik: Mengembangkan standar pelayanan yang jelas dan menerima masukan dari masyarakat untuk perbaikan layanan.

Dengan menerapkan Zona Integritas, Kementerian Agama berharap dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan terpercaya kepada masyarakat serta menciptakan lingkungan kerja yang profesional dan bebas dari korupsi. Ini sejalan dengan visi untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan melayani, sehingga meningkatkan kepercayaan publik terhadap instansi pemerintahan. MAN Bontang bertekad bahwa dengan membangun kerja tim yang handal, ” Insya Allah bersama kita bisa.”ujar Salawati.(lr)

Berita Terkait