MAN BONTANG

Pentingnya Moderasi beragama: Kepala MAN Bontang Diseminasikan hasil diklat

Bontang (Madrasah) – Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bontang, Sugiannoor, menggelar diseminasi hasil diklat moderasi beragama kepada seluruh pendidik dan tenaga kependidikan pada Senin (03/06/2024) di ruang pertemuan Lab 1 MAN Bontang.

“Diseminasi ini adalah langkah penting pasca pelatihan penguatan penggerak moderasi beragama bagi kepala madrasah dari tanggal 13 hingga 18 Mei 2024 yang lalu. Tujuannya adalah untuk memastikan seluruh guru dan pegawai MAN Bontang memahami dan mampu menerapkan sikap moderasi dalam kehidupan sehari-hari, baik di tempat kerja, masyarakat, maupun negara,” tegas Sugiannoor.

Lebih jauh, Sugiannoor memaparkan definisi dan indikator moderasi beragama. Moderasi beragama merupakan cara pandang, sikap, dan praktik beragama yang mencerminkan esensi ajaran agama dengan melindungi martabat kemanusiaan serta membangun kemaslahatan umum, berdasarkan prinsip adil, berimbang, dan taat konstitusi.

Untuk itu, perlu diketahui sembilan pilar moderasi beragama, yakni:
1. Kemanusiaan
2. Kemaslahatan Umum
3. Keadilan
4. Keseimbangan
5. Kepatuhan terhadap Konstitusi
6. Komitmen Kebangsaan
7. Toleransi
8. Anti Kekerasan
9. Penghormatan terhadap Tradisi

Pelatihan ini juga menekankan pemahaman mendalam tentang persoalan kehidupan keagamaan, serta pentingnya meningkatkan kapasitas ASN Kementerian Agama dalam wawasan kebangsaan dan keagamaan, sikap diri, serta keterampilan dalam mempraktikkan moderasi beragama.

Melalui kegiatan ini, diharapkan muncul sikap open mind, open heart, dan open will di kalangan pendidik dan tenaga kependidikan MAN Bontang, sehingga mampu menghadapi berbagai tantangan dengan bijaksana dan penuh toleransi.(lr).

Berita Terkait