MAN BONTANG

Tumbuhkan Jiwa Pancasila, MAN Bontang Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila

Bontang (Madrasah)  -Sebanyak 337 siswa kelas X dan XI bersama pendidik dan tenaga kependidikan Madrasah Aliyah Negeri Bontang menggelar upacara bendera untuk memperingati Hari Lahir Pancasila, Sabtu (1/6/2024), di Lapangan Basket MAN Bontang.

Upacara dimulai tepat pukul 07.00 WITA, dengan seluruh petugas upacara berasal dari OSIM MAN Bontang. Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana, sekaligus guru mata pelajaran PKn, Purwoko, S.Pd., bertindak sebagai pembina upacara menggantikan Kepala Madrasah yang sedang bertugas di luar kota.

Upacara berlangsung lancar dan penuh khidmat. Dalam pidatonya, Purwoko membacakan sambutan resmi dari BPIP untuk Upacara Hari Lahir Pancasila 2024. Ia menyampaikan tema peringatan tahun ini, “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045,” yang menegaskan pentingnya Pancasila dalam menyatukan bangsa yang beragam suku, agama, budaya, dan bahasa.

Purwoko menekankan bahwa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat, seluruh komponen bangsa harus mengarusutamakan Pancasila. Metode dan cara-cara kekinian diperlukan untuk mempersiapkan bonus demografi, di mana kaum milenial dan Gen-Z akan menjadi pelaku utama pembangunan.

Dengan upacara ini, diharapkan semangat kebangsaan dan kecintaan terhadap Pancasila semakin tumbuh di kalangan siswa. Pancasila harus menjadi pedoman utama dalam kehidupan sehari-hari, membimbing generasi muda untuk terus berkontribusi bagi bangsa dan negara.(lr)

Berita Terkait