MAN BONTANG

18 Siswa MAN Bontang Ikuti Seleksi Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Madrasah

Bontang (Madrasah) – Sebanyak 18 siswa dan siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bontang mengikuti seleksi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Madrasah Aliyah Negeri Bontang yang diadakan pada hari Jumat (07/06/2024). Acara ini berlangsung di ruang Perpustakaan MAN Bontang dan melibatkan enam cabang mata pelajaran yaitu Fisika, Kimia, Biologi, Matematika, Ekonomi, dan Geografi Terintegrasi.

KSM adalah ajang bergengsi yang bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat siswa dalam bidang sains serta mengukir prestasi di tingkat yang lebih tinggi. Kompetisi ini dirancang dalam sebuah sistem yang terstruktur, masif, dan terukur demi perbaikan mutu proses pendidikan di satuan pendidikan madrasah.

Kepala MAN Bontang, Sugiannoor, S.Pd.I., M.Pd., dalam briefingnya menekankan pentingnya KSM sebagai wadah bagi siswa untuk mengasah kemampuan akademik dan bersaing secara sehat. “Saya berharap dari 18 peserta yang mengikuti seleksi pada enam mata pelajaran ini, ada yang berhasil lolos ke tingkat Kota, Provinsi, dan bahkan ke tingkat Nasional di Maluku,” ujar Sugiannoor.

Sugiannoor juga mengapresiasi semangat dan dedikasi para siswa serta dukungan penuh dari para guru yang telah membimbing mereka. “Dengan semangat dan kerja keras, saya yakin siswa-siswi MAN Bontang dapat menunjukkan kemampuan terbaiknya dan membawa nama baik madrasah kita hingga ke tingkat yang lebih tinggi,” tambahnya.

Para peserta terlihat sangat antusias dan serius dalam mengikuti seleksi ini. Salah satu peserta, Ihya Ilman, mengungkapkan bahwa dirinya telah mempersiapkan diri dengan belajar intensif selama beberapa bulan terakhir. “Saya sangat bersemangat untuk mengikuti KSM ini. Semoga usaha keras kami bisa membuahkan hasil yang memuaskan,” ujar Ilman yang mengikuti cabang mata pelajaran Matematika.

Sementara itu, guru pembimbing Biologi, Ibu Muja Rustanty, mengungkapkan rasa bangganya terhadap semangat juang para siswa. “Kami telah melihat usaha keras mereka selama persiapan. Kompetisi ini bukan hanya tentang memenangkan medali, tetapi juga tentang proses belajar dan mengembangkan diri,” kata Ibu Muja.

Dengan adanya kompetisi seperti KSM, diharapkan mutu pendidikan di madrasah dapat terus meningkat dan menghasilkan generasi muda yang tidak hanya cerdas secara akademik tetapi juga berkarakter kuat. Kompetisi ini juga menjadi ajang pembuktian bahwa siswa madrasah mampu bersaing di tingkat nasional bahkan internasional.

Ajang KSM tingkat Madrasah ini diharapkan dapat melahirkan para juara yang akan mewakili Kota Bontang di tingkat Kota Bontang tgl 1-3 Juli 2024, Provinsi 5-6 Agustus 2024 dan Nasional 3-8 September 2024. Seluruh civitas akademika MAN Bontang bersama-sama berharap dan berdoa agar para siswa yang berjuang dalam kompetisi ini dapat meraih prestasi yang gemilang dan mengharumkan nama madrasah serta Kota Bontang nantinya. (lr)

Berita Terkait