Bontang (Madrasah) – Sejumlah pendidik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bontang mengikuti Inhouse Training (IHT) dari tanggal 12 hingga 15 Juni 2024, di ruang pertemuan MAN Bontang. Acara ini menghadirkan narasumber tingkat nasional, Ibu Dian Mufarridah, M.Pd. dari SMAN 2 Kota Bontang.
Wakil Kepala Bagian Kurikulum, Supiyah, S.Pd., selaku ketua panitia, menjelaskan bahwa ada empat materi pokok yang dibahas pada kegiatan IHT ini, yakni:
1. Mengenal dan memahami praktik baik dalam Platform Merdeka Mengajar.
2. Kreatif mengemas media pembelajaran yang inovatif.
3. Praktik baik dalam menyusun modul ajar kurikulum Merdeka Belajar yang menarik.
4. Praktik baik dalam berdiferensiasi pada kurikulum Merdeka.
Kepala MAN Bontang, Sugiannoor, S.Pd.I., M.Pd., dalam sambutannya menekankan pentingnya melakukan review terhadap Kurikulum Operasional Madrasah (KOM). Review kurikulum penting untuk memastikan keberlanjutan relevansi kurikulum dengan perkembangan dunia pendidikan. Mengingat adanya revisi terhadap kurikulum Merdeka, MAN Bontang perlu memahami perubahan tersebut. Oleh karena itu, review kurikulum diadakan setiap tahun di MAN Bontang, termasuk di akhir tahun pelajaran ini, untuk persiapan tahun pelajaran baru 2024/2025.
Wakil kepala bagian kurikulum, Supiyah, menyampaikan beberapa hasil yang diharapkan setelah pelaksanaan IHT ini, antara lain:
- Peningkatan Kompetensi Pendidik: Para pendidik diharapkan mampu memahami dan menerapkan praktik baik dalam Platform Merdeka Mengajar serta lebih kreatif dalam mengemas media pembelajaran yang inovatif;
- Penyusunan Modul Ajar yang Menarik: Pendidik dapat menyusun modul ajar kurikulum Merdeka Belajar yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik;
- Implementasi Kurikulum yang Efektif: Dengan pemahaman yang lebih baik mengenai kurikulum Merdeka dan praktik baik berdiferensiasi, pendidik dapat mengimplementasikan kurikulum dengan lebih efektif di kelas;
- Kesiapan Menghadapi Tahun Pelajaran Baru: MAN Bontang siap menghadapi tahun pelajaran baru 2024/2025 dengan kurikulum yang telah direview dan disesuaikan dengan perkembangan terkini;
- Relevansi dan Kesesuaian Kurikulum: Memastikan kurikulum yang digunakan tetap relevan dan sesuai dengan perkembangan dunia pendidikan terkini, sehingga dapat memberikan pendidikan yang berkualitas bagi peserta didik. (lr)