MAN BONTANG

Pelatihan Motivasi di MAN Bontang Menginspirasi Semangat Baru Pendidik & Tendik

Bontang (Madrasah) – Para pendidik dan tenaga kependidikan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bontang mendapatkan suntikan semangat baru melalui pelatihan motivasi bertajuk “Menginspirasi, Menggerakkan, dan Menginovasi” yang digelar di ruang pertemuan MAN Bontang pada Kamis (20/06/2024). Pelatihan ini dihadiri dengan antusias oleh hampir seluruh pendidik dan staf administrasi.

Kepala MAN Bontang, Sugiannoor, S.Pd.I, M.Pd., dalam sambutannya menekankan pentingnya pelatihan ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan. “Manajemen qalbu dan waktu adalah kunci. Seorang guru harus mendidik dengan hati yang tawakkal, keteladanan, dan kasih sayang untuk mencapai tujuan hidup yang lebih baik,” ujar Sugiannoor dengan penuh semangat.

Pelatihan yang diinisiasi oleh Wakil Kepala Kehumasan ini menghadirkan Reni Murni, seorang trainer dan motivator nasional dari Jakarta. Mengusung tema “The Next Level Teacher”, Reni mengutip hadist Rasulullah yang menyatakan: “Orang yang harinya lebih buruk dari kemarin adalah orang yang merugi. Orang yang harinya lebih baik dari kemarin adalah orang yang beruntung.”

Reni menekankan pentingnya perubahan hidup yang lebih baik setiap harinya, tidak begitu saja “Like the flowing river” dengan tiga langkah utama: Think Different, Feel Different, dan Act Different. Langkah pertama, Think Different, mengubah pola pikir dengan berhenti mengandalkan kemampuan diri sendiri dan mengutamakan kekuatan dari Allah. “Barang siapa yang membaca ‘Bismillahi tawakaltu ‘alallah, wala haula wala quwwata illa billah’, maka dia akan dicukupkan, dikuatkan, diberi petunjuk, dan setan akan menjauh darinya” (HR. Ahmad).

Langkah kedua, Feel Different, mengubah perasaan dan emosi dalam menjalani tugas dan tanggung jawab. Langkah ketiga, Act Different, menerapkan pola pikir dan perasaan yang telah berubah ke dalam tindakan nyata.

Karena keterbatasan waktu, sesi kali ini hanya membahas “Think Different”, sementara “Feel Different” dan “Act Different” akan dilanjutkan pada sesi pelatihan berikutnya.

Darmawati, M.Pd., salah satu peserta pelatihan, memberikan testimoni positif mengenai pelatihan tersebut. “Pelatihan ini sangat menginspirasi dan menyadarkan saya atas kekeliruan dalam bersikap dan mendidik. Kita seringkali sombong mengandalkan kemampuan diri sendiri. Setelah mengikuti paparan dari Bunda Reni, saya sadar bahwa seharusnya kita mendahulukan Allah dan mengharapkan kekuatan dari-Nya,” tuturnya dengan penuh haru.

Pelatihan yang menyejukkan ini tentunya membuat para peserta merasa antusias dan tak sabar menunggu pembahasan berikutnya oleh sang motivator ulung dan Life Changing Inspirator, Reni Murni. Semangat baru yang didapat diharapkan dapat membawa perubahan positif dalam cara mereka mendidik dan menginspirasi siswa-siswi di MAN Bontang. (lr)

Berita Terkait