MAN BONTANG

Siswa MAN Bontang Berlaga di Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Kota

Bontang (Madrasah) – Sembilan siswa dan siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bontang berhasil lolos ke ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kota Bontang setelah melewati seleksi tingkat madrasah yang diadakan oleh Kementerian Agama Kota Bontang, Provinsi Kalimantan Timur. Acara berlangsung dari tanggal 1 hingga 3 Juli 2024 di Aula MAN Bontang.

Mereka yang mewakili MAN Bontang dalam KSM terdiri dari dua kelompok, yaitu perorangan dan beregu. Untuk perorangan, antara lain:
– Fisika: M. Syahrian (XII C)
– Matematika: Ihya Immanuddin (XII C)
– Kimia: Syerlina (XII A)
– Biologi: Yuna Syabnia (XII A)
– Geografi: Muhammad Afrizal (XII D)
– Ekonomi: Eka LailatuL (XII B)

Sedangkan untuk tim beregu MAN Bontang terdiri dari:
– Fatimatuzzahra (XII E)
– Syahra Asyifa (XI E)
– Nahardi (XII D)

Selain MAN Bontang, KSM juga diikuti oleh Madrasah Aliyah swasta DDI dengan enam peserta individu dan SMA swasta YPK dengan satu peserta dalam mata pelajaran Geografi.

KSM, yang dikenal sebagai Kompetisi Sains Madrasah, merupakan ajang bergengsi di bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Tujuan utamanya adalah meningkatkan mutu pendidikan sains di madrasah melalui pengembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi meraih prestasi, dengan semangat kompetisi yang sehat serta memegang teguh nilai-nilai Islam.

Kepala MAN Bontang, Sugiannoor, S.Pd.I., M.Pd., dalam briefingnya, Senin (01/07/2024 menekankan pentingnya KSM sebagai wadah untuk mengasah kemampuan akademik dan memupuk semangat bersaing sehat. “Saya berharap ada siswa-siswi MAN Bontang yang mampu melangkah ke tingkat nasional tahun ini. Kami telah berupaya maksimal, didukung oleh siswa, guru pembimbing, serta dukungan penuh dari madrasah, dengan mengawalinya dengan doa dan tawakkal kepada Allah Swt.”

“Saya berharap setidaknya dari sembilan peserta yang mengikuti seleksi ini, ada yang dapat mewakili Provinsi bahkan Nasional di Maluku,” ujarnya.

Sugiannoor juga memberikan apresiasi atas semangat dan dedikasi para siswa serta dukungan tanpa henti dari para guru. “Dengan semangat dan kerja keras, saya yakin siswa-siswi MAN Bontang akan menunjukkan prestasi terbaik mereka dan membawa nama baik madrasah kita,” tambahnya.

Peserta terlihat sangat bersemangat dan serius. Ihya Ilman, salah satu peserta, telah mempersiapkan diri dengan belajar intensif. “Saya sangat bersemangat menghadapi KSM ini. Semoga usaha keras kami membuahkan hasil yang memuaskan,” ujar Ilman.

Ibu Muja Rustanty, guru pembimbing Biologi, bangga dengan semangat juang para siswa. “Kami melihat betapa kerasnya usaha mereka. Kompetisi ini tidak hanya tentang memenangkan medali, tetapi juga tentang pembelajaran dan pengembangan diri,” kata Ibu Muja.

Dengan adanya KSM, diharapkan mutu pendidikan di madrasah terus meningkat dan menghasilkan generasi muda yang cerdas dan berbudi pekerti luhur. Kompetisi ini membuktikan bahwa siswa-siswa madrasah memiliki kemampuan untuk bersaing di tingkat nasional bahkan internasional.

Ajang KSM tingkat Madrasah diharapkan dapat melahirkan juara yang dapat mengharumkan nama Kota Bontang.(lr)

Berita Terkait