MAN BONTANG

MAN Bontang Menjadi Titik Lokasi KSM Tingkat Provinsi 2024

Bontang (Madrasah) – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bontang menjadi titik lokasi penyelenggaraan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi Kalimantan Timur, Kamis (01/08/2024), bertempat di ruang Lab. Komputer lantai 2.

KSM tingkat provinsi untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA) diikuti oleh perwakilan madrasah yang telah lolos seleksi KSM tingkat kota sebelumnya, yaitu:
– MAN Bontang: 6 orang
– MA DDI: 3 orang
– MTs Al Ikhlas: 4 orang
– MI JQ: 4 orang
– MI Assadiyah: 1 orang
– MTs ALAM: 1 orang
– MTs AL Mukarramah: 1 orang

Madrasah-madrasah tersebut telah melewati seleksi ketat yang diselenggarakan oleh Pendis Kementerian Agama Kota Bontang.

Untuk MAN Bontang yang lolos dan melaju ke KSM tingkat Provinsi 2024 terdiri dari dua kategori, yaitu perorangan dan beregu. Nama-nama peserta perorangan yang berhasil lolos adalah:
– Biologi: Yuna Syabnia (XII A)
– Kimia: Sherlinda Marshya Setiawan (XII A)
– Geografi: Muhammad Aprizal Bayu Saputra (XII D)

Sedangkan tim beregu MAN Bontang terdiri dari:
– Fatimatuzzahra (XII E)
– Syahra Asyifa (XI E)
– Nahardi (XII D)

Kepala MAN Bontang, Sugiannoor, S.Pd.I, M.Pd., menyatakan bahwa setiap tahun MAN Bontang menjadi titik lokasi pelaksanaan KSM tingkat Kota dan Tingkat Provinsi yang dilaksanakan secara daring.

“Saya berharap tahun ini siswa MAN Bontang ada yang melaju ke KSM tingkat Nasional yang akan dilaksanakan di Ternate, Maluku. Usaha dan ikhtiar sudah kita lakukan, dan semoga siswa-siswi MAN Bontang meraih kesuksesan di ajang KSM dan lomba lainnya,” harap Kamad

Beliau juga menekankan pentingnya KSM sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan akademik serta semangat kompetisi sehat di kalangan siswa.

“Dengan dukungan penuh dari siswa, guru pembimbing, dan madrasah, kami yakin siswa-siswi MAN Bontang akan meraih prestasi terbaik dan membawa nama baik madrasah,” tambahnya.

Muhammad Aprizal Bayu, salah satu peserta yang berhasil lolos dalam mata pelajaran Geografi, menyatakan sangat bersemangat menghadapi KSM ini.

“Alhamdulillah, kami dinyatakan lolos tingkat Kota dan hari ini siap untuk berlaga di tingkat Provinsi. Semoga usaha keras kami membuahkan hasil yang memuaskan,” terang Aprizal sumringah.

Sementara itu, Ibu Muja Rustanti, S.Pd., guru pembimbing Biologi, melihat betapa kerasnya usaha para siswa.

“KSM bukan hanya tentang meraih prestasi, tetapi juga tentang pembelajaran dan pengembangan diri,” ucap Ibu Muja.

Kompetisi ini diharapkan dapat terus meningkatkan mutu pendidikan di madrasah serta menghasilkan generasi muda yang cerdas dan berbudi pekerti luhur. KSM juga membuktikan bahwa siswa-siswa madrasah memiliki kemampuan untuk bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

Ajang KSM tingkat Madrasah diharapkan dapat melahirkan juara yang dapat mengharumkan nama MAN dan Kota Bontang. (lr)

Berita Terkait